KISAH IBU JARI DAN JARI TANGAN

Pengalaman adalah guru yang baik. Petuah-petuah bijak orangtua terangkum dalam cerita rakyat, legenda, maupun pribahasa-pribahasa yang hidup di kalangan masyarakat.

 Orangtua mengambil pelajaran kehidupan yang dikenal dengan kearifan lokal dan mewariskan kepada anak cucunya dengan pelisanan, karena kala dulu tulis menulis belumlah secanggih jaman anak sekarang.

 Salah satunya adalah kisah ibu jari dan jari tangan yang menggambarkan kiasan untuk kehidupan sehari-hari, Ibu jari melambangkan orangtua atau pemimpin negeri, jari telunjuk menggambarkan ulama yang memberikan petunjuk kehidupan dengan keilmuan, jari tengah yang melambangkan orang terkuat atau tentara, jari manis melambangkan hartawan karena cincin selalu dilekatkan di jari manis, sedangkan kelingking adalah orang lemah, wong cilik, atau pemuda-pemudi.

 Pelajaran kehidupan dari kisah ini adalah kepalan tangan diikat dengan ibu jari,  ibu jari terpisah jauh dari empat jari lainnya, dan hanyalah ibu jari yang bisa berkunjung kepada jari-jari lainnya.

 Adapun hikmahnya adalah persatuan dan kesatuan negera itu diikatkan dengan tauladan dari seorang pemimpin, seorang pemimpin tidak bisa berpisah dari para ulama/cendekia, pemimpin harus dekat  kepada para ulama/cendekia, dan seorang pemimpin wajib turun ke rakyat untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya karena rakyat tidak bisa untuk memahami keadaan pemimpin. Pemimpin lah yang harus mengetahui dan merasakan penderitaan rakyat yang dipimpinnya.

0 Responses to “KISAH IBU JARI DAN JARI TANGAN”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 97,602 pengunjung

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

Top Rated