HAKIM VISIONER

Penulis tergelitik setelah membaca artikel “Dicari: Hakim Visioner” yang ditulis oleh (Yang Mulia Hakim) Safri Abdullah, S.H., Hakim Pengadilan Negeri Pandeglang, dalam Varia Peradilan, Majalah Hukum Tahun XXVI No. 304 Maret 2011 yang diterbitkan oleh Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) halaman 106-110.

variaPenulis menggarisbawahi dari artikel tersebut, yakni apa yang dimaksud dari “Hakim Visioner” itu adalah hakim yang seakan-akan mempunyai kaca mata batin yang mampu melihat gambaran dirinya di masa depan, penuh dengan daya/kekuatan imajinasi serta bertindak berdasarkan nilai-nilai yang menjadi pegangan para hakim, baik itu Kode Etik Hakim maupun etika dan moral di lingkungan masyarakat setempat.

Selain itu, Hakim Visioner yang dimaksud oleh Yang Mulia Hakim Safri Abdullah, S.H., adalah hakim yang memiliki tujuan yang jelas, atau yang terpenting tidak hanya bagaimana menghabiskan hari-hari dengan bekerja dan melaksanakan tugas-tugas saja, dengan bahasa sederhana hanya sebagai tukang/corong undang-undang belaka.

Tetapi hal yang menjadi catatan merah dari penulis terhadap pendapat dari Yang Mulia Hakim Safri Abdullah, S.H., adalah

Hakim (peradilan) yang memiliki visi selain memaksimalkan ilmu (pengetahuan) hukumnya juga senantiasa bersandar pada nilai-nilai keadilan dan kebenaran. Dengan demikian ungkapan sinisme bahwa bentuk bola tidak lagi bundar tapi bisa lonjong bahkan persegi empat manakala berada dalam pengadilan bisa tereduksi setidaknya tidak membolak-balik loga umum.

Penulis sangat sependapat dan sejalan dengan pemikiran demikian. Oleh karena penulis teringat akan tulisan artikel yang menyatakan bahwa kita semua ini adalah calon-calon orang yang menjadi pesakitan di kursi terdakwa dan pihak-pihak dalam perkara perdata di pengadilan.

Permisalan dari pemikiran demikian adalah siapakah yang dapat menjamin kita tidak melanggar peraturan atau tidak menjadi pihak korban/terugikan dalam pergaulan masyarakat. Sebagai pengendara, siapakah yang dapat menjamin kita tidak menabrak (mati) orang atau menjadi pengendara yang ditabrak oleh pengendara lain.

Oleh karena itu, penulis sangat berharap bahwa di negara hukum, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila, tempat penulis bernaung, berkeluarga, bersosial dan mencari nafkah, memiliki hakim-hakim yang visioner,,,,,,,,, AAMIIN.

0 Responses to “HAKIM VISIONER”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 97,602 pengunjung

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

Top Rated