PESAN TERSIRAT DALAM FILM MY KINGDOM, NASIHAT DAN JANJI GURU… JANGAN DILANGGAR

Film yang dilatarbelakangi oleh pembantaian dengan eksekusi pancung kepala anggota klan Meng di daerah Utara Cina pada hari-clip_image002hari terakhir Dinasti Qing atas perintah Pengeran Kerajaan.

Salah satu tetua anggota Klan Meng mengucapkan sumpah sebelum dipenggal lehernya, yakni selama ada anggota Klan Meng yang masih hidup, kami akan balas dendam atas ketidakadilanmu.

Ternyata Er-Kue salah satu anggota Klan Meng yang menunggu giliran eksekusi pancung dan masih tergolong anak kecil diselamatkan oleh guru Yu dan muridnya Yi-Long.

Kehidupan Er-Kue berubah menjadi murid Guru Yu yang dilatih bersama dengan Yi-Long dalam opera Gaya Wu, yang berhasil mendapatkan Plakat Emas Bintang Opera atas kehebatan permainan opera mereka dari Pangeran Kerjaan.

Cobaan berikutnya datang atas keberhasilan mendapatkan Plakat Emas Bintang Opera dari Pangeran Kerajaan, yakni dengan hadirnya Yue Jiang-Tian, Bintang Opera Shanghai Grand Theater, yang mengajak untuk bertarung dengan Guru Yu untuk menentukan siapa bintang opera terbaik.

Pertarungan sengit pun terjadi, Guru Yu pun kalah sewaktu menyelamatkan muridnya, dan Guru Yu mengaku kalah serta mematahkan tombaknya sebagai tanda tidak akan naik panggung opera.

Tahun berganti tahun, Yi-Long dan Er-Kue beranjak dewasa dalam pelatihan Guru Yu dalam pengasingannya, sewaktu pelatihan mereka selesai, Guru Yu berpesan kepada murid, dengan mengingatkan bahwa mereka adalah murid dari Seni Peran Opera Gaya Wu, sebaiknya kalian saling tergantung satu sama lain, jika kalian mulia bekerja mengingat rumitnya kehidupan kota sebaiknya kalian tetap bersama jika itu tak mungkin kalian harus jadi orang terhormat kalian pahlawan di panggung kalian juga harus jadi contoh dalam kehidupan.

Guru Yu pun menginginkan muridnya agar berjanji tiga hal: pertama, berjanjilan padaku jangan tampilkan akting sirkus murahan, kalian murid dari “Bintang Opera Terhebat”; kedua, jangan pernah menjalin cinta dengan aktris, itu aturan yang diturunkan oleh leluhur kita; ketiga, jangan pernah bertarung dengan Bintang Opera, jika bintang opera harus patahkan tombak mereka berarti semuanya hilang.

Walaupun Yi-Long dan Er-Kue telah berjanji kepada Guru Yu, tetapi janji yang ketiga telah dilanggarnya dengan mengajak berduel Yue Jiang-Tian, si pengambil Plakat Emas Bintang Opera Terbaik. Akhirnya Yue Jiang-Tian kalah dan mematahkan tombaknya serta bunuh diri.

Janji kedua, larangan menjalin cinta dengan aktris sebagai aturan leluhur, telah dilanggar pula oleh Yi-Long dan Er-Kue. Keduanya jatuh cinta dan menjalin asmara dengan Bintang opera Xi.

Akibat janji guru yang dilanggarnya, Yi-Long mengalami patah kaki akibat pertarungan dengan Er-Kue yang sedang membalas dendam atas kematian seluruh anggota Klan Meng, dikarenakan Er-Kue terjebak oleh Jenderal Li yang seakan-akan Yi-Long adalah anak ketujuh dari Pangeran Kerajaan.

Sedangkan, Er-Kue mengalami cacat pada suaranya, dia tidak dapat bersuara lagi dikarenakan telah diracuni oleh murid-murid dari Yue Jiang-Tian yang membalaskan dendam atas kematian Yue Jiang-Tian.

Walaupun mereka telah melanggar kedua janji dari Guru Yu, tetapi Yi-Long dan Er-Kue tetap mengingat pesan dari gurunya: “SEBAIKNYA KALIAN SALING TERGANTUNG SATU SAMA LAIN, JIKA KALIAN MULIA BEKERJA MENGINGAT RUMITNYA KEHIDUPAN KOTA SEBAIKNYA KALIAN TETAP BERSAMA”

PESAN GURU HARUS SELALU DIINGAT DAN TIDAK MELANGGAR JANJI KEPADA GURU, KARENA ILMU YANG DIDAPAT SELALU MENGALIR DALAM TUBUH SI MURID.

RASA DENDAM TIDAK MENYELESAIKAN PERKARA.

0 Responses to “PESAN TERSIRAT DALAM FILM MY KINGDOM, NASIHAT DAN JANJI GURU… JANGAN DILANGGAR”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 97,602 pengunjung

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

Top Rated