TUTUR PENERANG HATI

Salah satu kitab klasik karangan Ibnu ‘Athaillah al-Sakandari penulis Al-Hikam mengajak manusia untuk merenungkan tanggung jawabnya selaku makhluk dan khalifah Sang Khalik.

Pendekatan klasik untuk pengembangan kepribadian hamba untuk pencapaian kesalehan dan kedekatan kepada Allah dan yang dibutuhkan bagi pembaca hanyalah cukup untuk membuka mata hati untuk menikmati siraman rohani dari buku ini, Terapi Makrifat, Tutur Penerang Hati.

clip_image002 clip_image004

Peresensi mencoba menggariskan pembahasan di kitab klasik ini yang cukup menarik hati, seperti pengenyahan sifat ria lebih penting ketimbang memperbanyak perbuatan sunnah, dan di antara tanda memperturutkan hawa nafsu adalah bergegas dalam amalan sunnah namun malas dalam amalan wajib. Allah sengaja menjadikan setan sebagai musuhmu supaya Dia bisa menggiringmu memuja-Nya, dan Allah menggerakkan hawa nafsumu agar engkau senantiasa menghadap-Nya.

Benar pula kata kebanyakan orang, yaitu untuk merasakan asinya laut hanyalah dapat dirasakan sendiri untuk merasakan bagaimana asinya air laut dan tidak cukup hanya mendengarnya saja, sehingga dengan membaca secara langsung kitab klasik ini, maka relung-relung kebatinan iman akan terasa mengalir dalam pemikiran dan hati si pembacanya. Selamat membaca dan merasai nikmatnya torehan-torehan tinta hitam dalam buku ini.

0 Responses to “TUTUR PENERANG HATI”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 97,602 pengunjung

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

Top Rated