RAHASIA KECERDASAN TAUHID

Buku Ibnu ‘Athaillah al-Sakandari, penulis Al-Hikam, yang menuliskan torehan tintanya pada bukunya, Terapi Makrifat, Rahasia Kecerdasan Tauhid, memperkenalkan pembacanya untuk sungguh-sungguh mengenal Allah menuju puncak-puncak makrifat.

clip_image002clip_image004

Tauhid yang dimaksudkan di buku ini adalah kalimat tauhid karena menunjukkan adanya penolakan terhadap semua bentuk kemusyrikan secara mutlak.

Adapun hakikat zikir adalah mengesakan Tuhan dengan si pezikir lenyap dari zikirnya sendiri, fana dalam kesaksian-Nya, serta hidup dalam penyaksian-Nya.

Buku ini juga memperkenalkan kepada tiga macam zikir.

Zikir lantang untuk para pemula, ia berupa zikir lisan yang merupakan ungkapan syukur dan pujian dengan mengagungkan nikmat dan karunia-Nya.

Zikir sunyi dalam batin milik para wali, ia berupa zikir hati dengan keluar dari kekosongan dan terus menyaksikan kehadiran Tuhan.

Zikir sempurna dan hakiki dilakukan orang-orang yang sampai kepada Tuhan. Ia berupa zikir ruh dengan penyaksian Tuhan kepada hamba. Apabila zikir hati benar-benar terwujud, lisan terdiam dan tak mampu lagi menyebut-Nya, maka ia merupakan zikir tentang karunia dan nikmat Tuhan sebagai jejak-jejak sifat-Nya.

Untuk mencapai tahap demikian perlulah direnungkan apa yang tertera pada buku ini, yaitu: “Hati menjadi terang dan bersinar dengan zikir dan tafakur. Majelis termulia dan terhormat adalah duduk tafakur dalam wilayah tauhid. Tawakal adalah perbuatan hati, sementara tauhid adalah perkataan hati. Pintu zikir adalah tafakur. Pintu tafakur adalah kesadaran. Pintu kesadaran adalah zuhud. Pintu zuhud adalah kanaah (perasaan cukup). Pintu kanaah adalah memburu akhirat. Pintu akhirat adalah takwa. Pintu adalah dunia. Pintu dunia adalah hawa nafsu. Pintu hawa nafsu adalah tamak. Pintu tamak adalah angan-angan, dan angan-angan merupakan penyakit kronis yang sulit sembuh. Pangkal angan-angan adalah cinta dunia. Pintu cinta dunia adalah lalai. Kelalaian adalah penutup yang membungkus hati. Dan, tauhid adalah obat yang dengan nama-Nya tak sesuatu pun berdampak bahaya.”

0 Responses to “RAHASIA KECERDASAN TAUHID”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 97,602 pengunjung

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

Top Rated