AKTA LEGALITASKU DAN E-KTP IDENTITASKU

Dengan adanya Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Nomor 18/PUU-XI/2013, tanggal 30 April 2013, merupakan tanda keberhasilan Warga Negara Indonesia yang bernama MUTHOLIB dengan pekerjaan tukang parkir untuk membela hak sipil konstitusionalnya.

clip_image002

Fenomena ini merupakan bukti adanya jaminan persamaan hukum dan hak warga negara di tanah air Indonesia, walaupun yang dihadapinya adalah undang-undang produk dari legislatif bersama eksekutif. Tetapi hal tersebut tidaklah membuat hak sipil Mutholib menjadi terinjak-injak.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sikap kenegarawanan Hakim Konstitusi dengan melihat permasalahan pelaporan kelahiran yang lebih dari satu tahun harus dengan penetapan pengadilan, yaitu keterlambatan melaporkan kelahiran yang lebih dari satu tahun yang harus dengan penetapan pengadilan adalah memberatkan masyarakat. Keberatan tersebut bukan saja bagi mereka yang tinggal jauh di daerah pelosok tetapi juga bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Para Hakim Konstitusi melihat bahwa proses di pengadilan bukanlah proses yang mudah bagi masyarkat awan sehingga dapat mengakibatkan terhambatnya hak-hak konstitusional warga negara terhadap kepastian hukum. Proses untuk memperoleh akta kelahiran yang membutuhkan prosedur administrasi dan waktu yang panjang serta biaya yang lebih banyak dapat merugikan penduduk, sedangkan Hakim Konstitusi melihat sebuah akta kelahiran adalah dokumen penting yang diperlukan dalam berbagai ketentuan.

Sikap kenegarawanan yang melihat aspek demikian haruslah diapresiasi untuk para Hakim Konstitusi, sedangkan untuk para wakil rakyat yang duduk di legislatif patut untuk dipertanyakan sikap kenegarawannya dalam keberpihakannya kepada rakyat kecil.

0 Responses to “AKTA LEGALITASKU DAN E-KTP IDENTITASKU”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 98,298 pengunjung

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

Top Rated