SUDAH ISTIGHFAR TETAPI SULIT MENGHINDARI DOSA

Ada kalanya anak manusia bergelimang kebaikan dan keburukan, tetapi sebaik-baik manusia adalah orang yang apabila melakukan kesalahan, ia ingin mengakui dan memperbaikinya. Hal inilah yang hendak diangkat dalam bukunya ABDULLAH SYAFI’I yang berjudul “Kesalahan-Kesalahan Istighfar buatmu Sulit Menghindari Dosa”.

clip_image002clip_image004

Buku ini hendak mengingatkan pembaca, bahwa sudah menjadi sunnatullah bagi tiap-tiap manusia tidak dapat menghindar dari salah dan dosa, tetapi juga diberitahukan untuk selalu menjaga dan mengendalikan nafsunya supaya tidak dicap menjadi manusia lalai.

Buku ini mengangkat permasalahan, kenapa seseorang telah beristighfar kepada Allah SWT namun masih saja melakukan perbuatan dosa dan kesalahan, yang kemudian dititik beratkan kepada masalah istighfar orang tersebut, apakah sudah sempurna atau belum.

Parameter untuk menyatakan kesempurnaan istighfar adalah dilihat dari perbuatan istighfar tersebut sudah dibarengi dengan taubat, ataukah hanya bertaubat tanpa istighfar, yang akhirnya akan bermuara kepada penyesalahan, sebagaimana Rasullah SAW bersabda: “Taubat atau istighfar adalah penyesalan.” (HR. Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan hakim, dengan sanad shahih).

Penulis buku ini hendak mengingatkan kepada pembaca, bahwa khilaf, dosa, kesalahan, istighfar, taubat, dan lainnya adalah termasuk “nikmat” dari Allah SWT. Sehingga apabila manusia kufur terhadap istighfar, sama halnya juga kufur terhadap nikmat Allah SWT. Sehingga pembaca untuk selalu diingatkan agar tidak kufur istighfar. Karena kufur istighfar dapat berakibat fatal pada diri manusia yang berujung kepada sulitnya manusia menghindari dosa-dosa.

Adapun kufur istighfar tersebut adalah seseorang yang melakukan istighfar juga harus merealisasikan istighfarnya tersebut. Jika sebaliknya maka orang tersebut dapat dianggap telah kufur terhadap istighfar, inilah pengertian dari penulis buku ini.

Penulis buku ini hendak mengajak pembaca agar selalu muhasabah (evaluasi) terhadap diri agar pembaca mengetahui manakah yang lebih dominan antara perbuatan baik dan buruk. SELAMAT MEMBACA.

0 Responses to “SUDAH ISTIGHFAR TETAPI SULIT MENGHINDARI DOSA”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 97,602 pengunjung

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

Top Rated