ASAS HUKUM KEBENARAN FORMIL DALAM JUAL BELI TANAH DI HADAPAN PPAT BERDAMPAK PADA PERLINDUNGAN HUKUM KEPADA PEMBELI YANG (dianggap) BERIKTIKAD BAIK

Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 428 PK/PDT/2010 tanggal 28 Desember 2010 telah meneguhkan kembali kaidah hukum “pembeli yang beriktikad baik harus dilindungi”.

Putusan tersebut sejalan dengan asas hukum tanah adat dalam jual beli tanah, yaitu konkret, terang, dan tunai. Sehingga dalam hukum acara perdata, pemenuhan syarat formil dalam perjanjian jual beli, yaitu dihadapan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), telah cukup untuk membuktikan kebenaran formil dari perjanjian jual beli tanah.

Perjanjian jual beli tanah yang dilakukan dihadapan PPAT juga membuktikan wujud iktikad baik dari pembeli. Sehingga cukup bila pembeli tersebut melakukan jual beli tanah di hadapan PPAT sudah DIANGGAP SEBAGAI PEMBELI YANG BERIKTIKAD BAIK.

Timbul pertanyaan, bagaimana perlindungan hukum bagi pemilik tanah yang sebenarnya?

Apakah bisa menyatakan Akta Jual Beli Tanah dihadapan PPAT dinyatakan cacat hukum oleh karenanya tidak mempunyai kekuatan hukum?

Bagaimana cara pemilik tanah untuk menggugat tanahnya yang telah dibeli oleh pembeli dari penjual tanah yang tidak berhak?

Bagaimana bila telah ada penyelundupan hukum yang dilakukan oleh PPAT dengan pembeli tanah?

JAWABAN dari pertanyaan tersebut dapat dijawab satu persatu dengan tergantung pada pembuktian di muka sidang. Sehingga sampai sejauh mana perlindungan hukum kepada pembeli yang beriktikad baik tergantung kepada pembuktian di muka sidang dan penilaian serta penafsiran dari majelis hakim.

DAFTAR PUSTAKA: Varia Peradilan Nomor 311 Oktober 2011

0 Responses to “ASAS HUKUM KEBENARAN FORMIL DALAM JUAL BELI TANAH DI HADAPAN PPAT BERDAMPAK PADA PERLINDUNGAN HUKUM KEPADA PEMBELI YANG (dianggap) BERIKTIKAD BAIK”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 97,602 pengunjung

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

Top Rated